Selasa, 18 Oktober 2011

Struktur Linux dan Windows

  • linux


         Struktur direktori linux di mulai dari root yang kemudian direktori dan sub direktori lainnya. Simbol root adalah " / " ,berikut ini gambarannya :
 
Dari gambar di atas saya jelaskan sedikit perbandingan dengan direktori di windows :
Di bagian root / akar file system
Linux -> " / "
Windows -> C:/
Folder User dan Document
Linux -> /home
Windows -> C:/Document and settings
Folder aplikasi
Linux -> /usr
Windows -> C:/Program files
Folder system
Linux -> " / ", /sys, /proc
Windows -> C:/Windows
Media storage / Removables media
Linux -> F: , G: , H: , dan seterusnya
Windows - > /media/disk1 , /media/disk2

Sistem Linux terdiri atas tiga badan kode utama, dengan isi pada barisnya merupakan implementasi UNIX paling tradisional :
1`. Kernel Linux
Kernel Linux adalah potongan orisinil dari perangkat lunak yang dibuat dari serpihan oleh komunitas Linux. Sedangkan sistem Linux merupakan gabungan dari komponen-komponen. Sistem Linux basic adalah lingkungan standar untuk aplikasi dan program user.

2. System Libraries
System libraries mendefinisikan set standar dari fungsi untuk melewatkan aplikasi agar dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi- fungsi ini sedikit banyak ada pada fungsionalitas sistem operasi yang tidak membutuhkan hak keseluruhan atas kode kernel.
3. System Utilities
System utilities adalah program yang menunjukkan tugas manajemen yang individual dan terspesialisasi.



  • Windows
 
Windows merupakan keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Sistem operasi ini sangat memudahkan para penggunanya dengan membuat struktur direktori yang sangat user-friendly. Para pengguna Windows tidak akan menemui kesulitan dalam menggunakan sistem direktori yang telah dibuat oleh Microsoft.Sistem Berkas yang terdapat dalam sistem operasi Windows adalah:

1. FAT 16: Sistem berkas ini digunakan dalam sistem operasi DOS dan Windows 3.1
2. FAT 32: Sistem ini digunakan oleh keluarga Windows 9x.
3. NTFS: Merupakan singkatan dari New Technology File System. Sistem berkas ini adalah sistem berkas berbasis journaling dan dapat digunakan hanya pada keluarga Windows NT. Keunggulan dari sistem berkas ini adalah fasilitas recovery yang memungkinkan dilakukannya penyelamatan data saat terjadi kerusakan pada sistem operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar